Sapa Guru!

Selamat datang di laman tempat belajar bahasa Indonesia untuk kelas VIII SMP Negeri 3 Malang, di sini kalian akan belajar bersama kami selama 4 bulan ke depan atau bisa lebih. Semoga kita bisa saling bekerjasama, terimakasih!

Materi Belajar

Kita akan belajar tengtang; 1. Teks Fabel (Lihat) 2. Teks Biografi (Lihat) 3. Teks Prosedur (Lihat) pada semester gasal di tahun 2016 ini. Semoga kita bisa berhasil dalam belajar, amin. Khusus Kelas 8.1, Kelas 8.2, Kelas 8.3, Kelas 8.4 dan Kelas 8.5 serta umum

20 M. Zulkarnaen P. - Kelas 8.4 - Burung Nuri dengan Semut

UNSUR INTRINSIK CERPEN:

·         Judul: Burung Nuri dengan Semut

·         Tema: Hewan yang baik hati

·         Tokoh dan watak: Nuri= Peduli sesama

                             Semut= Membalas kebaikan orang lain
·        Latar: Sungai

·        Amanat: Perbuatan yang baik pasti akan dibalas dengan kebaikan pula

STRUKTUR CERPEN:

·        Orientasi: Paragraf 1, kalimat 1

·        Komplikasi: Paragraf 1

·        Resolusi: Paragraf 2 dan 3

·        Koda: Paragraf 4

TEKS CERPEN:
Burung Nuri dengan Semut

            Suatu hari, ada seekor Burung Nuri yang melihat sebuah Semut yang terjatuh ke sungai. Sang Semut berusaha terus menerus untuk mencapai ke tepian sungai, tetapi semua usahanya sia-sia. Burung Nuri yang merasa kasihan akhirnya berusaha untuk menolong sang Semut.

            Dia meraih sebuah ranting dan menjatuhkannya di dekat Semut agar sang Semut dapat mengapung dengan meraih ranting tersebut. Akhirnya sang semut bisa kembali ke tepian sungai.

            Tidak lama kemudian, sang semut melihat seseorang akan melempar batu kepada Burung Nuri yang menyelamatkan. Sang Semut menggigit kaki sang Nuri. Karena rasa sakit yang tiba-tiba, Burung Nuri itu terbang dengan spontan yang membuat batu itu meleset. Burung itupun terkejut dan akhirnya terbang ke dalam hutan.


           Perbuatan baik tidak pernah sia-sia dilakukan dan pasti mendapat balasan yang baik pula.




0 komentar:

Posting Komentar